Tren Live Streaming Dongkrak Penjualan UMKM 31 Persen
Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto (foto: Dinda Buana/VOI)

أنشرها:

JAKARTA - Saat ini, kita berada di era discovery commerce, di mana konten promosi berupa video, baik short video maupun live streaming menjadi tren belanja yang semakin diminati karena terlihat lebih menarik.

Dalam perhelatan Tokopedia dan ShopTokopedia Summit 2025, ShopTokopedia menyebutkan bahwa transaksi penjual yang berpromosi melalui live streaming di TikTok mengalami kenaikan rata-rata 30 kali lipat. 

Tokopedia dan ShopTokopedia juga mengajak sebanyak-banyaknya pelaku usaha memanfaatkan fitur LIVE atau live streaming di TikTok untuk meningkatkan transaksi perdagangan daring sekaligus perekonomian di Indonesia.

“Demi membantu pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM memajukan dan mengembangkan bisnis serta mencapai lebih di era ini, kami mendorong penjual untuk memanfaatkan short video hingga live streaming dalam hal promosi,” kata Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, pada Rabu, 15 Januari di Jakarta. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Iqbal Shoffan Shofwan, juga menegaskan pentingnya peran platform commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Tanah Air. 

“Karena inilah backbone dari ekonomi kita, bagaimana caranya menghasilkan produk-produk yang berkualitas dengan baik atau bahkan berkualitas advance, dengan harga yang bersaing,” tutur Iqbal. 

Sementara itu, saat bergabung bersama TikTok, Tokopedia dan ShopTokopedia menciptakan ekosistem baru yang lebih kuat, seperti teknologi TikTok yang menghasilkan rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik, dan dukungan komunitas yang kuat, dapat dimanfaatkan oleh penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mencapai lebih.

Praktiknya, penjual bisa memperluas pasar dan meningkatkan penjualan dengan membuat sendiri konten video promosi di TikTok, atau bekerja sama dengan jutaan kreator di TikTok. 

Penjual yang berpromosi lewat short video di TikTok, baik yang dibuat sendiri oleh penjual maupun melibatkan affiliate content creator, mengalami peningkatan transaksi rata-rata 31 kali lipat.  


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)